Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas Jelaskan perbedaan langkah buang pada mesin 4 langkah dan mesin disel 4 langkah

Jelaskan perbedaan langkah buang pada mesin 4 langkah dan mesin disel 4 langkah

Perbedaan langkah buang pada mesin 4 langkah dan mesin disel 4 langkah terletak pada proses masuknya bahan bakar, posisi katup, langkah kompresi dan langkah buang. Pada langkah hisap mesin 4 langkah, udara dari luar akan masuk ke dalam ruang pembakaran melalui katup. Proses inilah yang akan membuat piston dalam mesin  bergerak sehingga ruang pembakaran akan mengalami pembesaran. Sedangkan pada mesin disel 4 langkah katupnya menutup dan membuka secara bergantian. Pada proses kompresi mesin 4 langkah menggunakan udara untuk dimampatkan, sedangkan pada mesin disel, yang dimampatkan adalah bahan bakarnya.

Pembahasan

Suatu mesin akan dapat menghasilkan energi ketika mampu dapat mengkonversi bahan bakarnya melalui proses tertentu. Komponen bahan bakar merupakan salah satu elemen yang sangat penting yang ada pada suatu mesin agar dapat melangsungkan proses pembakaran untuk proses pembakaran. Sesuai dengan namanya, kendaraan dengan tenaga mesin diesel akan menggunakan solar sebagai bahan bakarnya dengan cara dikompres dulu sampai memanas.

Sementara itu, mesin yang dbahan bakranya adalah  bensin akan menggunakan gasolin. Bahan bakar ini kemudian akan bercampur dengan udara dan diproses dengan menggunakan piston. Kemudian, akan dinyalakan oleh percikan api yang berasal dari komponen besi dari mesin. Pada kendaraan yang menggunakan bensin, ada baiknya untuk memperhatikan kompresi dari mesin. Hal Ini digunakan untuk menyesuaikan penggunaan dari oktan bensin yang sesuai sehingga meminimalisir terjadinya ketukan(knocking).

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut mengenai mesin bensin dan diesel pada link berikut :

https://brainly.co.id/tugas/12802242

#BelajarBersamaBrainly

[answer.2.content]